Siti Muthmainnah..

Jumat, 05 Agustus 2011

Mutzmainnah Aiko blog's
"Sebuah nama adalah do'a orang tua untuk anaknya..."
Masih teringatku akan ucapan Alm. Abah kyai-ku beberapa tahun silam, beliau seorang yang penuh kharismatik, selalu tersenyum, ramah terhadap siapapun, saat mengajar kitab beliau tak pernah kehilangan semangat,, kadang mengajar sampai berjam-jam pun beliau selalu penuh energi menerangkan dengan gamblang tentang isi dan makna dari kitab-kitab kuning yang diajarkan.. Subhanalloh betapa aku merindukan mengaji bersama beliau...
Suatu ketika beliau menerangkan betapa pentingnya sebuah nama, karena nama adlah do'a. Dan kebanyakan nama-nama teman diponpes waktu itu menggunakan nama dari bahasa arab yang indah-indah, kadang aku jadi iri, bila waktu absen kehadiran nama-nama kami disebut, Abah kyiai selalu memuji-muji nama teman-temanku yang berbahasa arab dan mengartikannya,.
Sungguh indah nama-nama itu, ucapku lirih dalam hati.
Suatu ketika saat liburan pesantren aku pulang ke kampung , lalu aku bertanya pada Mama apa arti nama-ku, kenapa namaku ngga pakai bahasa arab yang indah.. Mama menjawab :
"Nama elyn yang kasih Papa, waktu itu mama sama papa sempet ribut masalah nama, tapi akhirnya mama ngalah dan papa yang kasih nama itu. Melinda diambil dari bulan kelahiranmu, Mei dan linda gabungan dari nama papa dan mama, trus ditambahin kata Dewi karena elyn lahir pada saat bulan purnama.."
"Owh gitu ya ma.." sahutku,

Mutzmainnah Aiko blog's
Saat aku kembali ke ponpes, dan saat diajar ngaji oleh Abah kyai, beliau mengusulkan kepada santri putra dan santri putri yang nama-nya ngga islami untuk ganti nama. Tentunya abah yang akan memilihkan nama-nama islami untuk kami. Dan aku waktu itu sungguh ingin mempunyai nama baru yang islami yang indah, aku pun ikut daftar tuk mengganti nama-ku tentunya terlebih dahulu minta ijin mama, dan Alhamdulillah mama setuju.
Dan pada bulan sya'ban sesaat sebelum Ramadhan sekitar 10 tahun yang lalu, nama-ku telah berganti menjadi Siti Muthmainnah,
Siti berasal dari kata Sayyidatina yang artinya tuan putriku dan Muthmainnah berarti jiwa yang tenang, dengan nama baruku aku berharap bisa menjadi bagian dari jiwa-jiwa yang tenang yang kelak akan kembali pada Robb kedalam Jannah-Nya yang abadi, aamiin ya Allah...... ^^

Mutzmainnah Aiko blog's
"Ya Ayyatuhannafsul Muthmainnah,. Irji'ii ila Robbiki rhodhiyatam Mardhiyyah,. Fadkhulii fii 'ibaadii,. wadkhulii jannatii. "(QS. Al Fajr ayat 27-30)

0 komentar:

Islamic Clock

Demi waktu

My music

SCM Music Player - seamless music for your Website, Wordpress, Tumblr, Blogger.