Peran Muslimah sebagai Ibu..

Sabtu, 03 Desember 2011

Sebuah syair Arab mengungkapkan hal berikut,


"Seorang ibu tak ubahnya bagai sekolah. Bila kita mempersiapkan sekolah itu secara baik, berarti kita telah mempersiapkan suatu bangsa dengan generasi emas."
...
Beban perbaikan dan pembentukan masyarakat yang Islami juga menjadi tanggung jawab wanita. Hal ini dikarenakan jumlah wanita yang lebih banyak dari laki-laki dan seorang anak tumbuh dari bimbingan seorang wanita. Maka, tidak bisa tidak seorang wanita harus membekali dirinya dengan ilmu syar'i khususnya mengenai pendidikan anak karena pendidikan anak menjadi tugas utama yang dibebankan kepada kaum wanita.


Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata, "Hendaknya seorang wanita membaguskan pendidikan anak-anaknya karena anak-anaknya adalah generasi penerus di masa yang akan datang. Dan yang mereka contoh pertama kali adalah para ibu. Jika seorang ibu mempunyai akhlak, ibadah, dan pergaulan yang bagus, mereka akan tumbuh terdidik di tangan seorang ibu
yang bagus. Anak-anaknya ini akan mempunyai pengaruh positif dalam masyarakat.


Oleh karena itu, wajib bagi para wanita yang mempunyai anak untuk memperhatikan anak-anaknya, bersungguh-sungguh dalam mendidik mereka, memohon pertolongan jika suatu saat tidak mampu memperbaiki anaknya baik lewat bantuan bapak atau jika tidak ada bapaknya lewat
bantuan saudara-saudaranya atau pamannya dan sebagainya". (Daurul Mar'ah fi Ishlah Al Mujtama' hlm. 25-26 dalam Majalah Al Furqon edisi 12 tahun VIII)


Seorang ibu yang cerdas dan shalihah tentu saja akan melahirkan keturunan yang cerdas dan sholih pula, bi idzinillah. Lihatlah hal itu dalam diri seorang shahabiyah yang mulia, Ummu Sulaim radhiyallahu 'anha, ibunda Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu yang merupakan pembantu setia Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Selain cerdas, ia juga penyabar dan pemberani. Ketiga sifat mulia inilah yang menurun kepada Anas dan mewarnai perangainya di kemudian hari. (Ibunda Para Ulama, hlm.25)


Dengan kecerdasannya, ia 'hanya' meminta sebuah mahar yang ringan diucapkan namun terasa berat konsekuensinya, yaitu keislaman Abu Thalhah radhiyallahu 'anhu yang meminangnya saat itu. Dengan kesabarannya pula, ia mampu menyimpan rapat-rapat kesedihannya karena kematian putranya demi menenangkan suaminya. Potret Semangat Para Salafush Shalih dalam Menuntut Ilmu Demikian pentingnya peran para wanita.


Dalam setiap lini kehidupannya, pasti membutuhkan ilmu syar'i. Hal ini pula yang dimengerti betul oleh para shahabiyah pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sehingga mereka meminta waktu khusus pada beliau untuk mengkaji masalah-masalah agama.

 Dari Abu Sa'id Al Khudriy radhiyallahu 'anhu, ia mengatakan bahwa ada seorang wanita menghadap Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam seraya berkata, "Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah memborong waktumu. Oleh karenanya peruntukkanlah untuk kami sebuah waktu khusus yang engkau tetapkan sendiri. Pada waktu itu kami akan mendatangimu lalu engkau ajarkan kepada kami ilmu yang telah Allah ajarkan kepadamu."


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas bersabda, "Berkumpullah kalian pada hari ini dan ini di tempat ini." Kaum wanita pun berkumpul, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu mendatangi mereka dan mengajari mereka ilmu yang telah Allah ajarkan kepada beliau shallallahu 'alaihi wa sallam." (HR. Bukhari dan Muslim)


Semangat kaum wanita muslimah dalam mencari ilmu telah mencapai puncaknya hingga mereka menuntut adanya majelis ilmu yang khusus diperuntukkan untuk mengajari mereka. Padahal sebenarnya mereka telah mendengarkan kajian Rasulullah di masjid serta nasihat-nasihat beliau shallallahu 'alaihi wa sallam.

 Demikian juga keadaan para wanita Anshar pada masa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha ia berkata, "Sebaik-baik wanita adalah wanita dari kaum Anshar. Rasa malu tidak menghalangi diri mereka untuk mendalami ilmu agama." (HR. Muslim) Kita jumpai pula bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat menganjurkan kaum wanita untuk menghadiri berbagai majelis ilmu guna menambah bekal keilmuan mereka.


Dari Ummu 'Athiyah al Anshariyyah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah memerintahkan kami untuk menghadiri sholat hari raya 'Idul Fithri dan hari raya 'Idul Adha, baik awatiq (gadis yang sudah baligh atau hampir baligh), maupun wanita-wanita yang sedang haid dan juga gadis-gadis pingitan. Adapun wanita yang sedang haid, mereka hendaknya tidak berada di tempat shalat. Saat itu mereka menyaksikan kebaikan dan doa yang dipanjatkan oleh kaum muslimin. Ummu Athiyah berkata, "Wahai Rasulullah, salah seorang di antara kami tidak memiliki jilbab?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hendaknya muslimah yang lain meminjami jilbab untuknya." (HR. Bukhari dan Muslim) (Para Ulama Wanita Pengukir Sejarah, hlm. 8-10)


Sejarah telah mencatat, ulama tidak hanya berasal dari kalangan laki-laki saja. Ada banyak ulama wanita yang masyhur dan bahkan menjadi rujukan bagi ulama dari kalangan laki-laki. Lihat saja 'Aisyah radhiyallahu 'anha, wanita cerdas yang namanya akan terus dibaca oleh kaum muslimin dalam banyak hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. 'Aisyah pula yang merupakan sebaik-baik teladan para wanita dalam menuntut ilmu, baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Az Zuhri mengatakan, "Andai ilmu 'Aisyah radhiyallahu 'anha itu dikumpulkan lalu dibandingkan dengan ilmu seluruh wanita, niscaya ilmu yang dimiliki oleh 'Aisyah radhiyallahu 'anha itu lebih unggul". (Al Haitsami berkata dalam al Majma' (9/243), "Hadits ini diriwayatkan oleh Ath Thabarani sedangkan rawi-rawinya adalah orang yang bisa dipercaya." Hadits ini juga diriwayatkan oleh Al Hakim 4/139. Lihat: Para Ulama Wanita Pengukir Sejarah, hlm. 20)


Begitu juga dengan masa setelah para shahabat (yaitu masa tabi'in, tabi'ut tabi'in, dan seterusnya). Setiap zaman selalu menorehkan tinta emas nama-nama para ulama wanita hingga masa sekarang ini. Di antara mereka, adalah putri-putri ulama besar di jamannya. Sebut saja putri Sa'id bin Musayyib (tabi'in), putri Imam Malik, Ummu 'Abdillah binti Syaikh Muqbil bin Hadi, dan lainnya. Apakah ilmu yang mereka dapatkan itu merupakan ilmu warisan dari ayah-ayah mereka yang seorang ulama? Jawabannya, tentu tidak. Ilmu bukanlah harta benda yang dapat diwariskan begitu saja.


Alangkah bagusnya apa yang diceritakan oleh Al Farwi, "Kami pernah duduk di majelis Imam Malik. Pada saat itu putra beliau keluar masuk majelis dan tidak mau duduk untuk belajar. Maka Imam Malik menghadap kami seraya berkata, "Masih ada yang meringankan bebanku yaitu bahwa masalah ilmu ini tidak bisa diwariskan." (Majalah al Furqon edisi 12 tahun VI)


Tentu saja ilmu yang mereka dapatkan tidak datang begitu saja. Ada usaha dan pengorbanan yang besar untuk meraihnya. Mari kita simak kegigihan para salaf dahulu dalam menuntut ilmu.
Hasan Al Bashri berkata, "Apabila engkau mendapati seseorang yang mengalahkanmu dalam urusan dunia, maka kalahkanlah dia dalam urusan akhirat." Imam Ahmad berwasiat kepada putranya, "Aku telah menginfakkan diriku untuk perjuangan". Ketika Imam Ahmad ditanya kapan seseorang dapat beristirahat? Maka beliau menjawab, "Ketika pertama kali menginjakkan kakinya di surga."


Imam Adz Dzahabi rahimahullah berkata, "Dahulu generasi salaf menuntut ilmu karena Allah, maka mereka pun menjadi terhormat dan menjadi para imam panutan. Kemudian datanglah suatu kaum yang menuntut ilmu yang pada mulanya bukan karena Allah dan berhasil memperolehnya. Namun kembali kepada jalan yang lurus dan mengintrospeksi dirinya sendiri dan akhirnya ilmu itu sendiri yang mendorong dirinya menuju keikhlasan di tengah jalan.


Sebagaimana dinyatakan oleh Mujahid dan lainnya, "Dahulu kami menuntut ilmu tanpa niat yang tinggi. Namun, kemudian Allah menganugerahi niat tersebut sesudah itu." Sebagian ulama menyatakan, "Kami hendak menuntut ilmu untuk selain Allah. Namun ternyata ia hanya bisa
dilakukan karena Allah". (Panduan Akhlak Salaf , hlm. 7)


Para salaf yang lain juga benar-benar bersemangat memperhatikan permasalahan niat ini. Sufyan Ats Tsauri berkata,


"Saya tidak pernah mengobati sesuatu melebihi terapiku terhadap niat." Tidak hanya hati saja yang mereka jaga kesungguhan dan ketulusannya ketika menuntut ilmu, tubuh mereka pun ditempa sedemikian rupa sehingga menjadi raga yang kuat menghadapi rintangan dalam perjalanan menuntut ilmunya.



Perhatikanlah kisah Hajjaj bin Sya'ir ini, "Ibuku pernah menyiapkan untukku seratus roti kering dan aku menaruhnya di dalam tas. Beliau mengutusku ke Syubbanih (salah seorang ahli hadits) di Madain. Aku tinggal di sana selama seratus hari. Setiap hari aku membawa seratus roti dan mencelupkannya ke sungai Dajlah kemudian aku memakannya. Setelah roti habis aku kembali ke ibuku." (102 Kiat Agar Semangat Belajar Agama Membara, hlm. 274).

0 komentar:

Islamic Clock

Demi waktu

My music

SCM Music Player - seamless music for your Website, Wordpress, Tumblr, Blogger.